Senin, 30 Mei 2011

Resensi Buku 'Spiritual Teaching'

R E S E N S I   B U K U

Judul Buku :
SPIRITUAL TEACHING
Agar Guru Mencintai Pekerjaan dan Anak Didiknya.

Penulis :
Abdullah Munir

Penerbit :
Pustaka Insan Madani Jogjakarta
Cetakan ke 10 tahun 2006

Resensi Oleh :
Dina Nurfatiani. S.Sos

Buku Spiritual Teaching merupakan buku yang memberikan inovasi yang menyentuh perasaan pembacanya yang berisi tentang usaha untuk mengembangkan dan memperbaiki dunia pendidikan. Dengan cara menguatkan kepribadian guru, memberikan semangat, menghilangkan kehampaan, dahaga dan menemukan makna mengajar supaya guru senantiasa mencintai dan mengembangkan kasih sayang dan cinta kepada anak didik, sehingga mampu menghantarkan anak didiknyanya mencapai prestasi terbaik.



Buku ini pada dasarnya mewajibkan guru untuk bersikap “spiritual”, dimana dalam menjalankan profesinya,  guru merupakan sebuah profesi yang mulia, agung dan suci. Hal ini berarti bahwa kesuksesan profesi guru dalam mendidik, harus melakukan proses transformasi ilmu kepada anak didiknya dalam kerangka pengabdian kepada Allah SWT semata, sebagai sang maha pemilik Ilmu.



Buku ini menjelaskan bagaimana Islam terutama Rasulullah sebagai teladan mulia, dengan kesuksesan metodenya dalam melaksanakan pendidikan (dakwah) pada manusia. Merubah ketidaktahuan manusia menjadi pemahaman yang cemerlang. Sehingga menghantarkan manusia pada peradaban yang cemerlang pula.



          Dalam buku ini disebutkan pula, bahwa langkah awal dalam usaha memperbaiki dunia pendidikan adalah memperkuat kepribadian guru agar senantiasa mencintai profesinya serta menumbuhkan rasa sayang dan cinta kepada anak didiknya. Sehingga pada akhirnya, guru akan mampu menghidupkan suasana yang menyenangkan dalam proses belajar mengajar.

         

Buku ini sangat enak dibaca dan dinikmati, dengan menggunakan kalimat dan kata-kata yang halus dan mudah dipahami, sistematika penulisan yang baik atau runtut, tema tulisan yang aplikatif dengan disisipi beberapa cerita-cerita menarik dan beberapa artikel yang ditulis berdasarkan pengalaman para guru di Indonesia yang sukses memberi pendidikan kepada anak didiknya, serta dilengkapi gambar-gambar yang lucu dan mendidik, menjadikan buku ini tidak monotone dan memiliki warna yang berbeda bila dibandingkan dengan buku-buku sejenis lainnya.





(Buku tersedia di perpustakaan Al Uswah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar